Apakah salah jika berbeda ? - LuqmanPEDIA

Popular Posts

Apakah salah jika berbeda ?

Setiap manusia dikaruniai perbedaan dengan manusia yang lain bahkan sejak kita dilahirkan, entah itu jenis kelamin, agama, warna kulit. Dengan perbedan yang kita bawa sejak lahir, lantas mengapa kebanyakan orang tidak ingin dilihat berbeda dengan orang lain bahkan orang sering membicarakan perbedaan itu, jika hanya membicarakan tidak akan terlalu jadi masalah yang menjadi masalah saat mereka sampai mengucilkan orang yang terlihat berbeda tersebut. Bukannya setiap manusia itu memiliki hak asasi manusia bahkan masalah ini di atur dalam persatuan bangsa-bangsa di atur dalam United Nations Commission on Human Rights (UNCHR). 

Apakah salah jika berbeda | LuqmanPEDIA | pedialuqman | pedialuqman.blogspot.com
Images : by luqmandesign


Mungkin terlalu jauh untuk membahas dan membawah - bawah perserikatan bangsa - bangsa (PBB) jadi kita sederhanakan saja dengan membahas semboyan negara kita yaitu bhineka tunggal ika yang maknanya berbeda - beda tetapi tetap satu juah, semboyan yang selama ini kita dengar dan bahkan kita pelajari dari sewaktu kita masih di sekolah dasar sampai kita menyelesaikan gelar sarjana, yang jika kita dalami maknanya akan berujung pada satu kata yaitu toleransi, kata toleransi bukan mengacuh pada permasalahan yang berkaitan dengan masalah agama saja, tetapi ketika kata toleransi itu dimaknai dengan begitu dalam maka yang terjadi hidup ini tidak akan ada pertengkaran dengan pihak lain.

Kebanyakan orang akan tidak sependapat dengan pernyataan diatas, tapi kenyataannya akan begitu jika setiap manusia menerapkan toleransi diatas segalanya, salah satu contohnya jika ada seseorang berbeda pendapat dengan orang lain sampai tidak ada titik temu dari perbedan pendapat itu, memang mereka akan berdebat dengan mempertahankan pendapat yang mereka anggap benar tetapi setelah mereka selesai dengan perdebatan itu, mereka tidak akan saling membenci atau melakukan hal-hal bodoh untuk menjatuhkan pendapat dari orang yang berbeda pendapat dengannya, mereka akan bersikap seperti tidak terjadi perdebatan disebelumnya, karena mereka akan menghargai pendapat orang tersebut, menurut mereka perbedaan itu ada untuk memberi warna dari pemikiran - pemikiran yang kaku dan pemikiran yang tradisional (belum open minded).

Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam, dimana dalam islam telah mengajarkan jika terjadi perselisihan (perbedaan) maka sebaiknya mereka mencari titik temu untuk menyelesaikan perselisihan tersebut, jika tidak menemukan titik temu maka sebaiknya dikedepankan untuk meyikapi perbedaan dengan sikap toleransi dan tenggang rasa, saling memahami satu sama lain tanpa terlebih dahulu menghakimi orang lain, dan kita sama - sama tau soal itu yang telah diajarkan dari kita di sekolah dasar.


Sikap toleransi (menghargai perbedaan) lagi - lagi bukan hanya untuk perbedaan pendapat saja tetapi berlaku juga untuk hal - hal kecil dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan tidak melihat latar belakang dalam hal menolong sesama umat manusia, dengan menerapkan toleransi dalam kehidupannya sehari -hari maka akan tercipta pribadi - pribadi yang berbhineka tunggal ika, berbeda beda tetapi tetap satu juah.


Saat kita berbeda seharusnya kita menyatu bukan bersatu, karena hakikatnya bersatu merupakan sebuah kata yang memiliki makna untuk menjadikan sesuatu itu sama tanpa perbedaan didalamnya, lain hal dengan menyatu, kata tersebut di maknai dengan menjadikan suatu perbedaan yang ada di dalam suatu perkumpulan atau komunitas dan itu sesuai dengan semboyan kita Bhineka tunggal ika.

Begitulah Tentang: Apakah salah jika berbeda ?. Semoga Bisa Bermanfaat untuk Anda semua. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, Silahkan Berkomentar atau Hubungi Kami melalui kontak yang sudah di Sediakan DISINI. Dan Jika anda menyukai Artikel Apakah salah jika berbeda ?, Silahkan Klik Tombol Share di bawah jika memang Artikel Apakah salah jika berbeda ?, Bermanfaat bagi anda namun jangan Lupa untuk Mencantumkan Link Sumber nya. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di pedialuqman.blogspot.com Ini Tanpa Meninggalkan Komentar Yang Membangun dan Bermanfaat untuk Kemajuan Blog pedialuqman.blogspot.com, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan Saran Pada Kotak Komentar di bawah. Terima kasih ..! Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Response to "Apakah salah jika berbeda ?"

Post a Comment

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di blog ini :

- Dilarang promosi suatu barang
- Dilarang memasang link aktif di komentar
- Dilarang promosi iklan yang berbau judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang menulis komentar yang berisi sara atau cemuhan

Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan subscribe blog ini.

Atas

Tengah 1

Iklan Tengah Artikel 2

Bawah

Hubungi Kami